• Breaking News

    Iwan Ziro Dipercaya Bentuk DPC PPDI Kota Dumai


    PEKANBARU - Ketua Umum Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (DPP - PPDI), Feri Sibarani, STP., S.H, resmi serahkan surat mandat pembentukan Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (DPC - PPDI) kota Dumai. Rabu, 25/01/2023.

    Bertempat di kantor DPP Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia, jalan Darma Bakti, No 1C Kota Pekanbaru, disaksikan oleh wakil Sekretaris Jenderal DPP PPDI, Rifky Rizal Zaman, S.H, Ridwansyah yang akrap disapa Iwan Ziro dan dua orang rekan se profesinya dari Kota Dumai resmi menerima surat mandat pembentukan pengurus DPC PPDI Kota Dumai dari Ketua Umum PPDI, Feri Sibarani, STP., S.H.

    "Kami PPDI selaku organisasi Pers Nasional yang berkedudukan di kota Pekanbaru provinsi Riau sedang berusaha menancapkan visi dan misi dengan mengusung tema perjuangan terhadap kemerdekaan pers yang benar-benar merdeka. Jangan ada lagi tindakan kekerasan terhadap wartawan khususnya di daerah, begitu pula dengan kriminalisasi wartawan dan diskriminasi terhadap wartawan maupun perusahaan Pers daerah," sebut Feri Sibarani hari ini di kantor DPP PPDI Kota Pekanbaru. 

    Menurut Feri Sibarani yang juga diketahui sebagai pimpinan umum perusahaan Pers Aktualdetik.com dan Aktual Indonesia itu, selama bertahun-tahun belakangan, persoalan di dunia Pers Nasional semakin meninggi dan kompleks. Indeks permasalahan Pers Nasional cenderung meningkat dan kemerdekaan serta kebebasan Pers sebagaimana di gaungkan oleh UU Pers semakin lama semakin memudar. 

    "Permasalahan Pers kita sudah semakin kompleks. Kebebasan Pers itu makin lama sudah semacam wacana saja, tidak sesuai antara jaminan perlindungan hukum yang tertuang dalam Undang-undang dan implementasi di lapangan. Siapa yang akan memperjuangkan hal ini? Karena prinsipnya di negeri ini, sekalipun kita punya hak, namun tidak diperjuangkan, maka itu hanya harapan palsu, terbukti dengan banyaknya permasalahan pasca Reformasi 1998," urai Feri. 

    Harapan Feri Sibarani, dengan diberikannya surat mandat pembentukan DPC PPDI Kota Dumai, maka pertanda kedepannya, PPDI dapat berkembang dan meluas ke seluruh Indonesia. Terutama diharapkan Feri Sibarani, bahwa siapapun nantinya terpilih sebagai ketua DPC PPDI Kota Dumai, diminta agar dapat menjalankan roda organisasi secara aturan yang ditetapkan di dalam Anggaran Dasar dan Rumah Tangga PPDI. 

    Hal senada disampaikan oleh calon Ketua DPC PPDI Kota Dumai, Iwan Ziro. Iwan Ziro usai menerima surat mandat tersebut, bersama dua orang rekannya seprofesi mengatakan, dirinya dengan rekan-rekan Pers di kota Dumai akan komitmen untuk patuh dan taat dengan aturan PPDI, sebab menurut Iwan Ziro, kebersamaan dalam organisasi adalah kata kunci suksesnya tujuan bersama. 

    "Pertama-tama kami dari insan Pers Kota Dumai sangat apresiasi apa yang dilakukan oleh Ketum Umum PPDI, Feri Sibarani. Ini sangat bagus dan kami sudah cermati visi dan misi yang tertuang dalam Anggaran Dasar PPDI, sangat merepresentasikan insan Pers pada umumnya, khususnya di daerah, yang kerap di labelisasi kurang baik dan mengalami diskriminasi," ungkap Iwan Ziro. 

    Ziro yang merupakan salah satu insan di Pers Kota Dumai itu mengatakan, bahwa Perjuangan Ketum PPDI, Feri Sibarani untuk kemerdekaan pers, khususnya di daerah-daerah, di yakini dapat membuat sejarah baru dalam konteks perjuangan kemerdekaan Pers, karena menurutnya, Feri sibarani tidak sendiri, melainkan mendapatkan dukungan dari tokoh-tokoh akademisi Riau, Dr. Tuti Khairani, M. Si, Dr. (C) Yalid, S.H.,M.H, Pengusaha Sukses, Drs. Puncak Simatupang dan di dampingi oleh Sekretaris Jenderal DPP PPDI, Jonni P Simaremare, ST, Ketua Bidang hukum, Sarma Silitonga, S.H., M.H, dan salah satu putra Riau dari unsur melayu yang cukup populer di kota Pekanbaru, Said Mahdi. 

    "Ketua Umum Feri tidak salah dalam merangkul figur-figur dalam tubuh DPP PPDI. Semuanya memiliki keahlian dan kompetensi di bidangnya. Dan untuk itu kami dari calon pengurus DPC PPDI Kota Dumai akan semangat dan menjalankan semua arahan dari DPP PPDI," ujar Iwan Ziro. 

    Kabarnya hari ini, selain penyerahan surat mandat pembentukan pengurus DPC PPDI Kota Dumai, ada juga penyerahan surat mandat pembentukan Dewan Pimpinan Daerah Bangka Belitung (DPD - PPDI) Babel. Hal ini dikonfirmasi kepada sekretaris Jenderal DPP PPDI, Jonni P Simaremare, ST, yang di wakili wasekjen DPP PPDI, Rifky Rizal Zaman, S.H, mengatakan, bahwa informasi itu benar adanya. 

    "Ya pada hari ini ada dua penyerahan surat mandat pembentukan pengurus PPDI, yang satu untuk DPC PPDI Kota Dumai dan yang kedua, surat mandat untuk pembentukan DPD PPDI Provinsi Bangka Belitung, yang ditujukan kepada, Tarmizi Yazid, S.I.P, Erlando, dan Serli Agus Saputra," sebut Wasekjen DPP PPDI," Rifky Rizal Zaman, S.H.

    Menurut Rifky, pasca Deklarasi Organisasi Pers, PPDI, pada 14 Januari 2023 lalu, hingga saat ini sebanyak 18 Provinsi di Indonesia sudah mengajukan diri untuk menjadi Dewan Pimpinan Daerah (DPD PPDI). 

    "Syukur Alhamdulillah, PPDI saat ini sangat di cintai oleh rekan-rekan insan Pers di hampir semua daerah di Indonesia. Karena barangkali ini semua buah dari pemikiran-pemikiran Ketua Umum PPDI, Feri Sibarani, yang selama ini dikenal vokal menentang terkait semua bentuk ketidakadilan dan stigmatisasi negatif terhadap insan Pers daerah, yang dibangun melalui narasi-narasi, surat edaran, secara langsung maupun tidak langsung oleh kelompok tertentu yang menurut kami, semua itu hanya untuk kepentingan bisnis semata," kata Rifky.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad