• Breaking News

    LCKI dan LSM KPK Desak Polsek Sebirida Tindak Pelaku Pendodos Sawit Aris Sirait

    INHU -  Warga masyarakat Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu, umumnya petani sawit. Sebahagian warga dan pemilik kebun sawit akhir-akhir ini mulai merasa tidak nyaman,  karena adanya pihak tertentu yang ingin mengusik lahan tanah Warga, (16/12/2022).

    Hal yang merasa terganggu kenyamanannya, seperti baru baru ini, Aris Sirait Warga Desa Sungai Akar RT-01, lahan kebun sawit miliknya yang sudah berproduksi, malah di panen orang lain. Peristiwa tersebut ditemukan / dipergoki oleh John Tomson Sirait anak Aris Sirait pada Jumat 02-12-2022 pukul 16:00 Wib, buah tanam segar sawit miliknya didodos oleh 4 orang pelaku.

    Atas kejadian yang mengejutkan keluarga Aris Sirait dimana saat pelaku dipergoki di areal lahan kebun sawit sore hari itu, Jumat 02/12/2022 sempat terjadi adu argumen. Menurut John Tomson Sirait, pelaku saat ditanya," Kenapa kamu ambil buah sawit saya"? Justru pelaku menantang dan melontarkan kalimat tidak senonoh kepada saya," Babi kau, Anjing kau, begitulah ucapan dari mulut salah seorang kelompok yang mendodos buah sawit di ladang kebun milik orang tua saya itu,  ujar John Tomson Sirait di Dumai saat melaporkan peristiwa tersebut kepada awak Media Sabtu,  10/12/2022.

    Peristiwa tersebut akhirnya di laporkan ke Polsek Seberida pada Jumat 02/12/2022 pukul 19:00 wib,  namun belum ada titik terang, sebab kami melapor kedua kalinya Selasa 06/12/202, justru para pelaku 4 orang diantaranya berinisial L,  N,  dan I didampingi istrinya sudah berada di Polsek Sebirida dan terjadi adu argumen antara mereka dengan kita, kata Aris Sirait,  tetapi yang di ungkapkan mereka justru tidak masuk akal, karena terkesan menganggap dirinya yang benar ungkap Aris Sirait memperjelas kepada awak Media ini.

    Aneh dan tidak logika, sebut Aris Sirait dan John Tomson Siraid,  karena pelaku mengaku, " Ada yang menyuruh pelaku mendodos buas tandan segar sawit di dalam areal tanaman saya itu. 

    Pelaku juga menyebut dia di suruh oleh salah seorang berinisial J.  Bahkan pelaku ketika itu beradu argumen saat jumpa di Polsek Sebirida, kata-kata yang di lontarkan terkesan mengintimidasi, dan menonjolkan oknum Pengacara," yang ketika itu sudah ada di Polsek sebirida, kata John Tomson Sirait,  tetapi laporan kami kepihak polsek belum ada titik terang,  kita berharap peroses hukum di tegakkan pinta Aris Sirait.

    Terkait peristiwa yang mengusik kenyamanan keluarga besar Aris Sirait di Desa Sungai Akar, juga di laporkan oleh keluarganya kepada Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Provinsi Riau.

    Tim investigasi LCKI Riau, Ir. Toga Tampubolon menanggapi kasus yang berbau tindak kejahatan itu,  ulah pelaku mendodos buah sawit milik Aris Sirait dan juga melontarkan kata-kata tak senonoh kepada John Tomson Sirait yang keluar dari mulut salah seorang dari kawanan pelaku yang di pergoki John Tomson Sirait di areal kebun sawit, Jumat 02/12/2022.

    Ini bisa jadi bahan laporan kepada aparat penegak hukum sebut Toga Tampubolon,  untuk itu dihimbau aparat penegak hukum supaya tanggap dan mengambil langkah kongkrit, usut tuntas oknum pelaku yang mengganggu lahan tanah yang mendodos buah tandan segar sawit milik Aris Sirait,  karena tindakan itu melawan hukum, tegas tim Investigasi LCKI Riau itu.

    Terpisah,  peristiwa yang membuat Aris Sirait dan keluarganya menjadi tidak nyaman karena lahan tanaman sawit miliknya di duga diganggu pihak oknum oknum tertentu di desa sungai Akar Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu,  lagi pula laporan Aris Sirait bahwa buah tandan sawit miliknya di dodos/diambil oleh pihak lain,  tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman dan resah ungkap ketua sekretaris LSM KPK Riau Amiruddin kepada awak Media. Karena itu pihak aparat penegak hukum diminta agar bertindak tegas sesuai hukum yang berlaku ujar LSM KPK Riau itu.



    Sumber : LCKI & LSM KPK

    Editor: Herman

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad