• Breaking News

    Peringati May Day, SPN Dumai Akan Gelar Seminar dan Debat Publik


    DUMAI - Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

    Hari Buruh lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

    Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

    Dalam  Rangka Memperingati Hari Buruh Sedunia tahun 2022, Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kota Dumai akan laksanakan Seminar Dan Talk Show Dalam waktu dekat ini (12/05/2022).

    Ketua Serikat pekerja nasional Kota Dumai Mhd Alfien Dicky Khassogi yang Akrab Di sapa Bung Alvin menyampaikan,"Serikat pekerja nasional Kota Dumai akan menyelenggarakan seminar dan debat publik ringan terkait permasalahan ketenagakerjaan khususnya di Kota Dumai, ya... Seperti acara Indonesia lawyers club gitu. Yang mana Debat Publik tersebut akan ditayangkan di Media ERA TV, media yang berbasis Video. Sehingga publik khususnya kaum buruh dapat melihat hasil debat tersebut di media ERA TV," sebut Alvin.

    Dijelaskan Alvin, SPN kota Dumai memandang perlu adanya saling tatap muka antar pihak-pihak yang terkait di ranah Ketenagakerjaan, seperti pekerja/buruh Kota Dumai, perusahaan, Disnaker, Wakil rakyat, Pengamat Ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS kesehatan dan instansi lain yang memiliki kapasitas serta fungsional". 

    "Dumai perlu sesuatu yang berbeda agar ini benar-benar menjadi Kota Idaman kita semua masyarakatnya khusus nya pekerja/buruh, acara ini akan di kemas dalam bentuk debat publik ringan yang melibatkan instansi-instansi terkait". tambah alvin.

    "Tema yang akan kita hadirkan pada Acara tersebut yakni KEBEBASAN BERSERIKAT, tema ini menurut kami sangat menarik untuk di sampaikan ke publik khusus nya untuk para pekerja/dan buruh. Insya Allah kita akan menggelar acara ini pada tanggal 31 Mei 2022".tutup alvin.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad