• Breaking News

    Satgas GPK Bersama Lembaga Jemad Tanam Mangggis dan Pinang Batara

    DUMAI - Satuan Tugas Gerakan Pemuda Ka'bah (Satgas GPK) Dumai yang dipimpin Martha bersama Ketua Umum Lembaga Jemad Mhd.Budianto melakukan penanaman Manggis dan Pinang Batara di pinggir Jalan Umum Gunung Bromo Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan.

    Kegiatan tanam Manggis dan Pinang Batara ini guna menunjukkan kepada masyarakat Dumai, bahwa Satgas GPK Dumai turut peduli akan lingkungan hijau yang menghasilkan.

    Penanaman ini turut dihadiri Dirut CV.Buah Segar Indonesia (BSI) Zulkifli yang disapa akrabnya Datuk Amin, dan juga turut dihadiri Mhd. Alfien Dicky Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Dumai, Ketua Karang Taruna Jaya Mukti Dedek Fernanda dan Pimpinan Media Dirganusantara Erwin Komeng.

    Sebelumnya Lembaga JEMAD bersama Dirut CV. BSI ini sudah melakukan penanaman Manggis dan Pinang Batara bersama warga RT. 28 Bunga Tanjung Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan, berselang beberapa hari, penanaman di Taman Simpang Jaya Mukti bersama Karang Taruna Jaya Mukti. 

    "Hari ini kita bersama Satgas GPK Dumai menanam Manggis dan Pinang Batara. Program menanam ini adalah program Martha selaku Komandan Satgas GPK Dumai. Yang bertujuan penghijauan menghasilkan," tandas Budi Ketum Lembaga JEMAD kepada awak media, Senin (15/03/2021).

    Martha Komandan Satgas GPK mengatakan, bahwa kegiatan menanam manggis dan pinang batara ini adalah bentuk wujud kepedulian Satgas GPK dalam hal penghijauan. 

    "Titik penanaman manggis dan pinang batara ini sengaja kita tanam di pinggir jalan umum Gunung Bromo Bumi Ayu. Dari pada ditanam pohon yang bertujuan untuk penghijauan namun tidak menghasilkan, maka kita berinisiatif menanam manggis dan pinang batara di pinggir jalan ini. Sehingga selain penghijauan, dapat menghasilkan," ucap Martha.

    Menurut Marta, ia melihat sepanjang jalan Gunung Bromo tersebut sangat tepat untuk ditanami Manggis dan Pinang Batara. Sehingga 2,5 hingga 5 Tahun kedepan, pinggir jalan ini ada pohon manggis dan pinang batara yang bisa menghasilkan.

    "Insha allah ini akan menjadi program Satgas GPK yaitu penghijauan menghasilkan. Mari kita mulai dari sekarang menanam manggis dan pinang batara, jangan sampai kita menjadi pendengar dari daerah-daerah lain seperti yang disampaikan Datuk Amin." tandas Martha.

    Disamping itu Datuk Amin menerangkan, bahwasanya saat ini Indonesia yang sudah menghasilkan buah manggis yaitu di Wilayah Bali, Lombok, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

    Sedangkan wilayah Riau belum banyak masyarakat yang menanam Manggis dan Pinang Batara. Saat ini di Riau masih di Kabupaten Rokan Hulu, Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, namun jika hanya dua daerah ini saja belum mencukupi kuota Eskport.

    "Jika masyarakat Dumai baik perorangan maupun kelompok tani saat ini mau menanam manggis, maka 5 tahun kedepan Dumai akan menjadi Kota Buah Manggis," ujar Datuk Amin. 

    Lanjut Datuk Amin, jika kuota Manggis dan Pinang Batara bisa mencukupi kuota Eskport, maka sudah jelas menambah Devisa Negara dan PAD Dumai.

    Selain itu, kata Datuk Amin, juga akan mengurangi ribuan pengangguran warga Dumai, sebab akan dipekerjakan sebagai buruh Packing House Buah Manggis sebelum di Eksport. 

    "Ayo menanam Manggis dan Pinang Batara, ini adalah solusi pencerahan ekonomi masyarakat 2,5 hingga 5 Tahun kedepan, apa bila masyarakat secara keseluruhan menanam manggis dan pinang batara." tandas Datuk Amin.


     



    Penulis: ihwan

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728