• Breaking News

    Pers Diperlukan Ketika Dibutuhkan


    Apa itu Pers..? Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

    Yang dimaksud dengan Pers adalah Lembaga Sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik dan meliputi.

    Kinerja Pers adalah mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya. Dengan menggunakan media cetak, media elektronik (Online, Televisi dan Radio).

    Secara umum peran dan fungsi pers adalah menyiarkan informasi, mendidik, menghibur, dan kontrol sosial.

    Pers adalah Pilar Ke-4 demokrasi setelah Lembaga Eksekutif (Pemerintahan), Legislatif (DPR/Parlemen), dan Yudikatif (Lembaga Hukum). 

    Oleh karena itu, tak jarang jika peran Pers sangat diperlukan untuk mendongkrak/menunjang popularitas dalam segala bidang, baik dibidang Pemerintahan Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, perusahaan BUMN, BUMD , Tokoh Masyarakat dan lainnya.

    Dan tak jarang pula Peran Pers dapat menjatuhkan Popularitas seorang pejabat baik secara perseorangan maupun secara instansi yang di embannya, akibat ketidakberesan kinerjanya. 

    Peran Pers bagi seseorang yang dapat mengdongkrak popularitasnya merupakan pahlawan baginya, namun jika peran pers menjatuhkan popularitasnya, tentunya menjadi musuh baginya. Sehingga tak jarang terdengar Insan Pers masuk Bui akibat dari pemberitaannya dibenturkan dengan UU ITE, apa lagi pemberitaan tersebut tidak mendasar alias tidak akurat, sehingga dapat menimbulkan kerugian seseorang tentang pencemaran nama baiknya.

    Peran Pers sangat diperlukan apa bila dibutuhkan khususnya mendongkrak popularitas seseorang. Terkadang disitulah seseorang tersebut begitu penting terhadap Pers.

    Namun, yang sering terjadi adalah, ketika seseorang tersebut sudah mencapai tujuannya, maka Insan Pers pun dilupakan. 

    Yaaa begitulah nasib Pers...!



    Opini ini Dibuat Berdasarkan Pengalaman Redaksi Media ini. 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728