• Breaking News

    Diduga Proyek Drainase Cipta Karya PUPR Dumai Bermasalah

    DUMAI - Pembangunan Drainase adalah salah satu program pemerintah guna antisipasi banjir dipermukiman masyarakat, tentunya Drainase tersebut sesuai pengharapan masyarakat.

    Namun bagaiamana jika pekerjaan Drainase tidak di awasi oleh konsultan pengawas, tentunya akan mengkhawatirkan pembangunan Drainase tersebut. 

    Seperti halnya dikelurahan Bagan Besar tepatnya di Gg.Mandiri diduga ada pembiaran pekerjaan, sebagaimana dilansir dari media Aktualdetik.com, bahwa hingga kini pekerjaan Drainase yang dilaksanakan Kontraktor CV.Indah Permata Sari itu masih terus dikerjakan, meskipun masa tenggang waktu  sudah habis masa Tahun Anggaran 2020 lalu. 

    Diketahui, pekerjaan yang terlihat tidak selesai 100 persen itu, anggarannya bersumber dari APBD Pemerintah Kota Dumai tahun anggaran 2020, kini menjadi sorotan masyarakat, khususnya awak media kerap menjadi pertanyaan akan proyek itu.

    Sebelumnya persoalan ini dipublikasikan media Aktualdetik.com pada tanggal 30 Januari 2021, yang mana isi beritanya pekerjaan pembuatan drainase di Gg.Mandiri Kelurahan Bagan Besar ini diduga kurangnya pengawasan dari Konsultan dan PPTK, diduga ada pembiaran pelaksanaan kerja proyek tersebut. 

    Padahal sebagaimana diketahui, tugas dan tanggung jawab PPTK diatur dalam PP 58 Tahun 2005 dan diatur lebih tegas dalam Permendagri No. 13 Tahun 2006 pada pasal 12 ayat 5 dan 6, yaitu mengendalikan pelaksanaan kegiatan, melaporkan perkembangan pelaksaaan kegiatan dan menyiapkan dokumen anggaran atas beban pengeluaran pelaksaan kegiatan.

    Begitu juga halnya mengenai Konsultan Pengawas, dimana tugas dan tanggung jawab melaksanakan pengawasan secara rutin dalam perjalanan pelaksanaan proyek.

    Menurut seorang warga setempat yang enggan namanya dipublikasikan mengetahui tentang kegiatan proyek tersebut, saat diwawancara awak media mengatakan, apabila pihak terkait lalai melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pengawas dan pengontrol pekerjaan sebaiknya dikasih teguran atau dicoret dalam rekanan.

    Adanya pemberitaan bulan Januari 2021 barulah ada perhatian, koreksi serta perbaikan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) Kota Dumai mengenai mutu dan kualitas hasil kerja pembuatan drainase yang berada di Gg.Mandiri Kelurahan Bagan Besar. 

    "Harapan masyarakat Gg.Mandiri kepada Dinas PUPR mohon disegerakan pembuatan saluran akhir". tandas warga ini. 

    Terkait hal ini, media eranewss.com pun mencari informasi di Dinas PUPR Dumai, untuk mengetahui proyek tersebut di adakan dibidang mana. 

    Hasil konfirmasi eranewss.com kepada salah seorang Pejabat di Dinas PUPR, bahwa proyek tersebut dari Bidang Cipta Karya, dan mendapatkan nomor yang bersangkutan. 

    Lalu Media eranewss.com pun mengkonfirmasi kepada nama yang di arahkan oleh salah seorang Pejabat PUPR Dumai yaitu Faisal yang katanya sebagai PPTK proyek tersebut. 

    Hasil konfirmasi kepada Faisal mengatakan, Hubungi pak PPK aja, PPK nya Pak John Kusuma Putra," singkat Faisal Via Whatsappnya, sembari mengirimkan nomor yang bersangkutan, Rabu (10/02/2021).

    Lalu Media eranewss.com pun mengkonfirmasi kepada John Kusuma Putra selaku PPK mengatakan, bahwa pihaknya sudah menindaklanjuti permasalahan tersebut.  

    "Kita sudah tindak lanjuti, tinggal rutin Cipta Karya lagi melanjutkan ke Gg.Mawar nya. Karena dana kelurahan tidak jadi masuk kesana, pengurangan anggaran kemaren akibat Covid." tandas Putra via whatsappnya.




    Editor: Budi

     

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728